Certification

Pendaftaran untuk sertifikasi pilot drone bagi instansi, umum, dan member Pilot Drone Sumatera Barat.

Tahun 2015 Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah menerbitkan peraturan beserta perubahannya tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia. Dimana peraturan ini mencakup banyak hal dari mulai larangan sampai kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengguna/operator wahana tanpa awak atau yang biasa dipanggil pilot drone.

Pilot Drone Sumatera Barat atau biasa disebut Pilot Drone Sumbar yang disingkat PDS berdiri tanggal 28 Februari 2017 di Padang, Sumatera Barat, merupakan organisasi atau komunitas berbadan hukum Akta Notaris serta disahkan oleh Kemenkumham RI yang mewadahi para pegiat/pehobi wahana tanpa awak (drone) dari tingkat amatir, semi profesional, dan profesional di Sumatera Barat.

Sebagai wadah, PDS memiliki tanggung jawab untuk menampung, memfasilitasi, dan menjembatani antara kebutuhan pilot, industri, dan pemerintah. Maka oleh sebab itu, sertifikasi sangatlah penting bagi pilot drone.

Berikut beberapa alasan mengapa pentingnya sertifikasi pilot drone, diantaranya :

  • Drone bukan mainan. Berpotensi sebabkan kerusakan harta benda / keselamatan manusia.
  • Kemampuan & Kelayakan minimal bagi seorang pilot untuk menerbangkan drone.
  • Untuk pilot pemula, berguna untuk mendapatkan kemampuan dan kelayakan terbang dasar.
  • Untuk pilot komersil, berguna untuk meningkatkan kepercayaan client / otoritas setempat (jika ditanya dan diperlukan).
  • Sebagai rujukan bagi Pemerintah apabila suatu saat nanti mengeluarkan regulasi tentang Lisensi (ijin menerbangkan drone).
  • Alat untuk merealisasikan Visi Pilot Drone Sumbar (PDS).